Pembangunan Experimental Farm Fapet Unsoed Tahap Pertama

Peletakan Batu Pertama Kandang Teaching and Experimental Farm

Pembangunan Kandang Teaching and Experimental Farm Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Expfarm Fapet Unsoed) resmi dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2021. Kegiatan tersebut ditandai dengan Ground Breaking oleh Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S., Dekan Fakultas Peternakan Unsoed Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt., M.P, dan PPK Kandang Teaching and Experimental Farm Fapet Unsoed Latif Nur Muhammad, S.T.

Pembangunan ini dibagi menjadi tiga tahap dan pada tahap yang pertama merupakan proyek untuk pembangunan gedung pertemuan, kandang close house layer, kandang close house broiler, dan sarana jalan. Tahap kedua untuk pembangunan kandang sapi perah dan sapi potong. Tahap ketiga fokus pada bagian depan.

Pic : Abhipraya/Hus

Tender proyek untuk tahap 1 pembangunan Kandang Teaching and Expfarm ini jatuh kepada CV. Eka Putra Mandiri dengan Konsultan Perencananya PT. Jogolomas Brilian Konsultan dan Konsultan Pengawasnya yaitu CV. Arena Kreasi. Berdasarkan Surat Nomor 2/1/UN23/PL.01.01/2021 tertara pembangunan ini dimulai dari 2 Juni 2021 s.d 28 November 2021 dalam waktu 150 hari dengan nilai kontrak 2.163.835.000 rupiah.

Perusahaan Konsultan Perencanaan pembangunan tahap 1 ini terpilih melalui sistem gugur dari 23 perusahaan yang masuk dengan memperhatikan kualifikasi, teknis, dan harga terendah. “Untuk Konsultan Perencana dan Konsultan Pengawas karena nilainya di bawah 100 juta, kita hanya perlu menunjuk perusahaan penyedia secara langsung” jelas Latif, PPK Kandang Teaching and Expfarm Fapet Unsoed.

Anggaran dana yang digunakan pada pembangunan tahap 1 Kandang Teaching and Expfarm Fapet Unsoed berasal dari dana BLU Unsoed yang disetujui oleh Wakil Rektor 4 Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat.

Setelah pembangunan tahap 1 selesai, maka dilanjut dengan pembangunan tahap 2 melalui mekanisme yang sama. Hal ini dijelaskan Latif, PPK Kandang Teaching and Expfarm Fapet Unsoed, bahwa terdapat regulasi yang mengharuskan buka tender jika nilai anggaran proyeknya di atas 200 juta.

Peletakan batu pertama oleh Rektor Unsoed

Suwarto selaku Rektor Universitas Jenderal Soedirman berkomitmen ketika memberi sambutan bahwa pada pembangunan ini terjadi pemangkasan waktu, yang mulanya selesai pada tahun 2023 menjadi tahun 2022. Beliau juga berpesan semoga pembangunan Kandang Teaching and Experimental Farm ini tepat waktu, tepat mutu, tepat guna, dan tepat biaya.

Reporter : abhipraya/hus, olivia/hus

Narasi : olivia/hus

Editor : abhipraya/hus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *