Ikan Mini Solusi Pandemi

Penulis : Khafid/Hus
Picture : cnnindonesia.com

Ditengah situasi pandemi ini, banyak masalah yang timbul ditengah masyarakat. Salah satu hal yang menjadi titik fokus pemerintah yakni ekonomi. Pandemi yang tak kunjung berakhir membuat masyarakat dituntut untuk kreatif dikarenakan dengan adanya peraturan yang membatasi mobilitas dan kegiatan berkerumun (bekerja) menjadi terbatas. Salah satu usaha yang menjadi buah bibir untuk bisa dikatakan menjanjikan yakni usaha budi daya ikan hias.

Budi daya ikan hias menjadi solusi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah ditengah pandemi yang tidak dapat diperkirakan kapan akan berakhir.  Melihat potensi dan modal yang tidak terlalu besar menjadi salah satu alasan masyarakat untuk mencoba usaha ini. Adapun sebagian dari beberapa peternak yang memang sudah berkarir lama baik karena hobi ataupun untuk bisnis. Semakin maraknya usaha budi daya ikan cupang, membuat banyak masyarakat tertarik dan ikut untuk membudidayakan dan menjadikan lahan bisnis di tengah pandemi.

Ikan cupang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penghobinya salah satunya warna dan juga bodi ikan itu sendiri. Warna dan bodi ikan cupang tergantung jenis dan indukanya. Jika indukan yang diternakan memiliki spesifikasi yang baik maka anakanya pun akan memiliki spesifikasi yang baik juga dari warna maupun body. 

Pic: farelsiberian

Terdapat beberapa jenis ikan cupang yang banyak diternak masyarakat indonesia yakni jenis halfmoon, crown tail, plakat, double tail, dan cupang paradise. Jenis-jenis ikan cupang tersebut memiliki corak dan keunikan tersendiri yang nantinya akan mempengaruhi harga dan kualitas ikan. Untuk harga perekor ikan cupang berkisar antara 50.000 hingga jutaan rupiah berdasarkan jenis dan kualitas.

Pemeliharaan dan modal untuk beternak ikan jenis ini lumayan kecil dikarenakan ukurannya yang kecil, tempat yang dibutuhkan untuk beternak hanya menggunakan aquarium, botol bekas, dan kotak styrofoam bekas lemari pendingin. Untuk tempatnya pun simpel, tidak membutuhkan lahan yang luas. Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan dalam beternak ikan cupang. Untuk jumlah anakan dari satu indukan sangat banyak namun hanya sekitar 30 – 50 anakan saja yang mampu bertahan hidup hingga dewasa. Jumlah tersebut sudah cukup banyak untuk mencari keuntungan. Keuntungan dari usaha budidaya ikan cupang juga lumayan menjanjikan dan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Editor: Abhi/Hus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *