Oxygen Invest, Bersama untuk Harapan Mulia

Oxygen Invest bersama KM Fapet Unsoed
pic: Santrio/KM Fapet Unsoed

Mediahusbandry.com – (04/04/21) UKM Pecinta Alam Capra Pala Fapet Unsoed melaksanakan kegiatan perdana “Oxygen Invest”, yaitu penanaman pohon buah di sekitar jalur pendakian di Bukit Cendana, Desa Kalipagu, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Kurangnya ketersediaan pangan di jalur pendakian menjadi hal yang melatarbekangi “Oxygen Invest” hadir.

Rencana tanaman yang akan ditanam pada kegiatan ini adalah bibit pohon buah jambu dan buah mangga. Des Setiawan, Ketua Capra Pala 2021, menjelaskan berhubung tidak ada bibit buah jambu dan manga, akhirnya diganti bibit buah manggis dan diselingi dengan pohon cengkeh serta pohon alba.

Program ini diharapkan dapat memberikan investasi dalam jangka tiga sampai empat tahun ke depan. Pendaki, warga setempat, bahkan hewan-hewan di sana tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan di sekitar jalur pendakian. “Kalau hanya oksigen, pohon biasa juga bisa, tapi untuk investasi ke depan juga kita harus punya hasil lain, seperti bahan makanan, oleh karena itu namanya Oxygen Invest untuk investasi 3-4 tahun ke depan.” jelas Des Setiawan.

Kegiatan perdana menanam tanaman yang diselenggarakan oleh Capra Pala ini melibatkan seluruh elemen di KM Fapet. Des Setiawan mengatakan bahwa biasanya Capra Pala hanya sebatas partisipan dengan Mapala lain. Namun ini kali pertama Capra Pala hadir sebagai inisiatornya.

Bagi siapapun yang berkegiatan di alam diharap untuk tidak merusak alam. Sekecil apapun merusak alam, warga sekitar, dan hewan-hewan di sana akan merasakan dampaknya. “Jangan salahkan alam apabila alam mengganggu kita, sebaiknya dipikirkan lagi, alam mengganggu kita karena kita mengganggu alam terlebih dahulu.” tambah Des Setiawan.

Reporter dan Narasi : Aray/Hus

Editor : Oliv/Hus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *