Secercah Dosis Vaksin untuk Mahasiswa Kampus Purwokerto

Mediahusbandry.com−Vaksinasi untuk mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan beberapa kampus di Purwokerto kembali digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsoed pada 5 Agustus 2021 di Auditorium Graha Widyatama Unsoed, Purwokerto Utara. Vaksinasi yang diselenggarakan oleh BEM Unsoed dan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas sudah dilaksanakan sebanyak 3 batch.

“Latar belakang diadakan vaksinasi untuk mahasiswa Unsoed karena keresahan BEM Unsoed terhadap pihak kampus yang belum bisa memfasilitasi vaksinasi untuk mahasiswa, padahal masih banyak mahasiswa yang berada di Purwokerto yang memiliki mobilitas tinggi, sehingga kami (BEM Unsoed) menghubungi pihak luar seperti Kodim dan Polres,” jelas Wisnu Ludhi selaku Menteri Koordinasi Politik Pergerakan BEM Unsoed 2021.

Pic : Abhipraya/Hus

Vaksinasi untuk mahasiswa Unsoed telah dilaksanakan sebanyak 3 batch, batch pertama bekerja sama dengan Kodim Banyumas menyediakan 45 kuota vaksin, batch kedua bekerja sama dengan Polresta Banyumas menyediakan 60 kuota vaksin, dan batch ketiga (5/8) bekerja sama dengan Polresta Banyumas menyediakan 500 kuota vaksin untuk mahasiswa Unsoed.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah mengapresiasi inisiatif BEM Unsoed yang ingin melaksanakan kegiatan vaksinasi, sehingga pihak Polda menambah kuota untuk vaksinasi mahasiswa sebanyak 1000 vaksin. Polresta Banyumas memberikan 1000 dosis vaksin SINOVAC untuk diberikan pada setiap kampus di Purwokerto, diantaranya Unsoed 500 dosis, UMP 120 dosis, UNU 110 dosis, Unwiku 110 dosis, Amikom 110 dosis, dan BSI 50 dosis.

“Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi dapat mengurangi resiko jikalau terkena Covid, apalagi mobilitas mahasiswa tinggi” Ujar Kompol Aldino dari Polresta Banyumas yang mengawal proses vaksinasi di Graha Widyatama. Ia juga menjelaskan bahwa vaksinasi batch ketiga tersebut merupakan program Vaksinasi Merdeka Candi dari Polda Jawa Tengah.

Pembagian surat vaksin

Pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan vaksinasi yaitu Polresta Banyumas, mahasiswa universitas yang ada di Purwokerto, lingkar Adkesma Unsoed, dan pihak Unsoed yang menyediakan fasilitas tempat. Vaksinasi ini disambut baik oleh mahasiswa se-Purwokerto. Peserta vaksin berharap dengan adanya vaksin, pandemi Covid-19 ini segera berakhir agar kegiatan di kampus dapat berjalan seperti dahulu.

“Sangat membantu terlebih bagi mahasiswa yang sedang merantau, dengan adanya vaksinasi semoga kehidupan kembali normal,” ujar Yunianto mahasiswa UNU telah mendapatkan vaksinasi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Deva Melianti, mahasiswa BSI Banyumas. Ia menuturkan untuk mendapatkan kuota vaksin cukup mudah karena secara online dan pelayanannya cukup cepat sehingga mempermudahnya untuk mendapat jatah vaksin. Vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan pada 2 september 2021, nantinya peserta vaksinasi batch ketiga akan mendapatkan informasi melalui SMS.

Reporter : Ferri/Hus, Abhipraya/Hus

Narasi : Abhipraya/Hus

Editor : Ulil/Hus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *