BAHANA DEMOKRASI, TAHAP AWAL PEMBUKA PEMIRA

Pict : PPR

LPM Husbandry, Purwokerto (3/10) Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) di Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman telah resmi dibuka dengan acara pembukaan bertajub bahana demokrasi. Pemira ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memilih Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa dan Anggota Dewan Legislatif mahasiswa periode 2020.

PEMIRA tahun 2019 bertemakan “Anarki For Demokrasi” ini akan berjalan kurang lebih selama dua bulan kedepan. Menurut Meisy selaku Koodinator DLM, alasan pemilihan tema berikut adalah ingin mengedepankan asas-asas demokrasi “Pemira tahun ini memiliki tema Anarcy for Democracy,  yaitu suatu system demokrasi dimana warga negara memiliki hak untuk memilih dan dipilih tanpa ada tekanan dari internal maupun eksternal dan lebih mengedepankan kemandirian hati” jelasnya.

Adapun terobosan baru yang diusung oleh pihak legislatif saat ini adalah mewajibkan seluruh UKM yang ada di Fakultas Peternakan untuk menjadi partai dan nantinya setiap partai wajib mengirimkan minimal satu calon untuk untuk berebut kursi dan kemudian  mengisi sebelas kursi anggota Dewan Legislatif Mahasiswa.

Menurut Meisy terobosan baru ini diharapkan bisa menjadi formula ditengah minimnya partisipasi dari UKM dalam mengusung calon, sehingga apabila ada banyak calon yang diusung, akan memudahkan pemilih agar bisa lebih selektif “ini agar pilihan bagi pemilih juga bisa lebih banyak, lebih variatif, mereka bisa milih orang dan bakal lebih selektif, persaingan juga lebih kenceng lagi. Ia menambahkan bahwa saat ini sumber daya manusia yang ada di legislatif masih sangat kurang dan terkesan dipaksakan “kalo dulu pastisifatif dari UKM untuk mengirimkan legislatif kan kurang, dan kualitasnyapun ya cukup memprihatinkan lah ya di legislatif.”

Acara pembukaan Pemira 2019 ini turut dihadiri pula oleh Wakil Dekan III Fakultas Peternakan, Bapak Yusuf Subagyo sekaligus membuka dan mengesahkan acara Pemira tahun 2019. Beliau mengatakan dalam sambutannya semoga dengan diselenggarakannya Pemira ini akan menjadi media untuk memilih pemimpin baru yang lebih baik selanjutnya “saya berharap nanti akan terpilih Presiden BEM dan anggota DLM yang bagus dari sebelumnya. Tentunya ada kenaikan yang signifikan”.

Selanjutnya Pak Yusuf menyampaikan pesan semangat kepada panitia yang bertugas “selamat bekerja untuk panitia, harus siap, agar semua yang diharapkan bisa terlaksana.” Pungkasnya.

Reporter : Usup Supriatna

Narator : Usup Supriatna

Editor : Ulil Albab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *