Acara Pamungkas HSN dan HATN 2020

Mediahusbandry.com – Hari ayam dan telur nasional diperingati setiap tanggal 15 oktober. Pada tahun ini perayaan HATN berbeda dengan perayaan ditahun-tahun sebelumnya, yaitu Fapet Unsoed menggelar acara webinar nasional mengangkat tema “Peran Susu dan Telur di Masa Pandemi Ditinjau dari Beberapa Aspek”. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting.


“Jumlah peserta yang mengikuti webinar kurang lebih diikuti oleh 430 orang dari berbagai daerah di Indonesia” tutur Nur Hidayanto selaku project officer HSN dan HATN. Peserta yang mengikuti webinar ini bukan hanya kalangan mahasiswa, terdapat kalangan umum, pelajar, dan civitas akademi lainnya.

sharing bersama Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Bapak Nasrullah


Pembicara pada kegiatan webinar ini mengundang 4 orang dari berbagai sektor pelaku peternakan, diantaranya Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc dari Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, Drh. Sintong Haposan MT Hatasoit, M.Si dari Kepala BBPTU & HPT Baturaden, Ardiat Heru Nugroho atau pak Gembong sebagai Praktisi Ayam Petelur, dan Ir. Kusuma Widayaka, MS serta moderator Afduha Nurus Syamsi, S.Pt,M.p selaku dosen Fapet Unsoed.

penyelenggaraan webinar nasional dimoderatori oleh Bapak Afduha


Rangkaian acara HATN dipersiapkan dari bulan Agustus. Sebelumnya, diadakan bagi–bagi telur pada tanggal 3-4 Oktober di sekitar Fapet Unsoed. Kendati pandemi covid 19, acara HSN & HATN tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat pembagian susu dan telur.

pembagian telur oleh panitia


“Harapannya bukan hanya sebagai seremonial saja, tapi juga meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya susu dan telur untuk dikonsumsi sebagai pemenuh kebutuhan protein hewani” jelas Alif Widi selaku Menteri Sosial Masyarakat BEM Fapet Unsoed 2020.

Reporter dan Narasi : Bigen/Hus, Abhi/Hus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *